Monday, February 2, 2009

Naik Turunnya Hati

Sebagai manusia yang memiliki kelebihan dalam hal kecerdasan berpikir dan merasa sudah pasti akan mengalami naik turunnya motivasi dalam menjalani kehidupan. hal ini terjadi biasanya karena faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi faktor internal dalam diri.faktor eksternal sekecil apapun dapat mempengaruhi hampir setiap aktifitas internal yang ada dalam diri. penulis pribadi sering meangalami hal ini tentu karena penulis berada dalam dunia pendidikan yang setiap hari berinteraksi dengan banyak perilaku sehingga sentimen yang ada[un semakin besar. maka dari itu hingga saat ini penulis masih merasakan naik turunya hati dan motivasi, maklumlah penilus juga manusia. tetapi penulis menemukan beberapa merode yang efektif untuk memotivasi diri agar turunnya hati dapat di dongkarak diantaranya adalah :
1. Sering Senyum dan salam, walaupun agak aneh tetapi kalau orang yang kitas senyumi membalas senyum sudah tentu hati kita akan serasa melayang karena kita dianggap ada. tapi berikan senyum sebatas pada orang yang dikenal saja, kalau sembarang senyum nanti disangka ga serius lagi.
2. Perbanyak silahturahmi dan interaksi. maksudnya sering-sering dech perbanyak urusan dengan orang lain yang bersifat positif dan kearah perbaikan diri. sering diskusi mulai dari yang panas sampai yang kecil-kecil itu perlu walaupun hanya untuk menambah ketajaman kita dalam berpikir. masalah interaksi lakukan sebatas terhadap hal-hal yang diperlukan dalam kaitannya dengan pekerjaan.
3. Sering-sering dech Baca, baca artikel, koran, buku, browsing internet.

No comments: