Monday, June 16, 2008

Perbedaan Perilaku Manusia

Beberapa hari ini saya coba menyelami buku perilaku organisasi yang dikarang olah Miftah Toha seorang dosen dari UGM, dari artikel yang saya buat belakangan ini hampir isinya saya dapatkan dari buku tersebut. salah satu bahasan yang membuat saya tertarik adalah mengenai mengapa manusia itu berbeda dalam bertindak diantaranya adalah :
1. Manusia berbeda karena berbeda kemampuannya.
Setiap manusai memiliki perbedaan dalam berperilaku karena teori pertama menyatakan perbedaan itu dibawanya sejak lahir, teori kedua karena proses penyerapan informasi yang berbeda dari individu tersebut. bahkan kedua teori tersebut mempengaruhi perilaku seseorang dalam bertindak.
2. Manusia berbeda perilakunya karena adanya perbedaan kebutuhan.
Hal ini merupakan bagian dari teori motivasi yang di temukan oleh para ilmuwanpsikologi seperti, Maslow, Mcleland,,McGregor, dll. yang pasti kebutuhan manusia menjadi motif secara intrinsik individu tersebut dalam berperilaku.
3. Manusia Berbeda karena mempunyai lingkungan yang berbeda dalam mempengaruhinya.
Faktor lingkungan sangat berpengaruh pada manusia, suatu keputusan yang di buat oleh individu dapat dipengaruhi dengan apa yang terjadi di luar dari dirinya dengan kata lain motivasi exsternal berperan disini. lingkungan membentuk manusiam menjadi baik kah atau menjadi jahat, ramah atau sombong,dll.
4. Manusia berbeda mempunyai masa depan sehingga cara berpikirnya pun berbeda.
Setiap mimpi yang dibuat oleh manusia mempengaruhi bagaimana individu tersebut berpikir dalam aktivitas kesehariannya dan bagaiman individu tersebut bertindak untuk mencapai tujuan jangka pendek atau jangka panjangnya.
5. Faktor Like or Dislike with Something.
Percaya atai tidak faktor ini juga mempengaruhi seseorang dalam berperilaku,apabila seseorang tidak suka pada atasannya dalam memimpin, maka apapun yang dikatakan atasan hanya merupakan masukan tidak langsung di lakukan.
6. Faktor X
Faktor X ini terjadi diluar kemampuan manusia artinya bahwa segal perilaku akan berubbah oleh karena faktor alam yang tidak dapat di identifikasi penyebabnya. maka apabial ada perubahan perilaku manusia dan tidak dapat di pahami penyebabnya hal itu terjadi karena segala sesuatu telah di tentukan oleh Allah SWT.

Dari penejalsan diatas dapat dikatakan bahwa manusai itu unik dan berbeda, dari perbedaan iti pula yangmenyebabkan adanya interkasi sosial diantara manusai. terkadang manusia mersa nyaman dengan perbedaan tetapi ad juga yang tidk mersa nyaman dalam perbedaan yang ada. hal in adalah Sunnatulloh karena telah digariskan oleh Allah SWT.
Telah di gambarkan dalam Al-Qur,an
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. (Al-Hujurat: 13)
Ayat ini dapat di tafsirkan bahwa manusia berebeda amak dengan adanya perbedaan tersebut diharapakan kita sema dapat menjaga satu sama lain dalam tali persaudaraan.
Ilmu yang kontenporer di kembangkan saat ini mengeni mulikultarisme dimana ilmu tersebut mempelajati bagaimana memanaje perbedaan anatara manusia
semoga bermanfaat!

No comments: