Thursday, June 19, 2008

Tidak Semuanya Indah

Kemarin di tempat kerja saya kedatangan seorang tamu yang ingin mengobservasi kegiatan di sekolah kami. mengenai proses pembelajaran yang kami lakukan. kebetulan hari itu, kami mengadakan senam aerobic bersama dengan senam nusantara yang secara kebetulan pula tamu tersebut sebagai salah satu pencipta dari koreo yang ada di gerakan tersebut.
Tamu ini seorang dosen di Universitas saya dulu, dan saya sangat senang sekali karena kita akan diobservasi oleh seorang expert dibidang olahraga. dalam benak saya terbersit bahwa ke depan kita akan melakukan kerjasama dalam bidang olehraga khususnya. di pikiran saya terlintas bahwa dosen ini memiliki hidup yang indah, nyaman dan berkecukupan atau bisa dibilang sebagai orang sukses.dan terus terang saya iri dengan dirinnya tetapi irinya saya merupakan acuan bagi saya untuk meningkatkan kompetensi saya.
Tetapi disela-sela perbincangan yang kami lakukan di sempat mengatakan bahwa saat ini pikirannya sedang capek disertai dengan capek fisiknya. karena ada mata kuliah yang di laluinya dan ada dosen yang terlalu idealis dalam memberikan tugas kuliah bahkan kerangka teoritik pembeuatan tugas tidak diberikan acuannya. hal ini tentu lumrah dalam dunia pendidikan karena para dosen memiliki hak preogratif untuk memberikan kewajiban pada mahasiswanya.
Tetapi dari cerita dosen saya tersebut dapt di simpilkan bahwa dia pun punya masalah yang sama, tekanan yang sama hanya saja dunianya berbeda. artinya kehidupan manusia itu relatif dakam menemui masalah dan tidak ada manusia yang memiliki keindahan di kesehariannya.tampak dari luar atau atribusi external bahwa orang tersebut terkihat sangat sukses tetapi dari atribusei internal kita tidak bisa menduganya itu sih kata orang psikologi. jadi sebaiknya saya pun harus lebih keomprehnsif dalam memberi kesan pada orang lain.

No comments: