Friday, May 20, 2011

Nasionalime Pendidikan di Hari Kebangkitan Nasional

Hari kebangkitan setiap tahun selalu di kaitkan dengan isu nasionalisme.setiap tahun pula perayaan kebangkitan nasional mempertanyakan apakah saat ini pemerintah dan masyarakat sudah mewujudkan semangat nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari? tentu hal ini adalah hal yang sulit di tengah-tengah kesulitan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan hidup membuat setiap Individu di negara ini mementingkan kepentingan individu dan golongan.
Lebih lanjut sebenarnya elemen yang berperan besar dalam mentransformasikan nilai-nilai nasionalisme adalah mereka yang terlibat dalam dunia pendidikan sehingga munculah nasionalisme pendidikan. intinya menurut saya perlu ada kajian substansi untuk memanfaatkan dunia pendidikan membangun semangat nasionalisme disetiap warga negara di Indonesia. nilai-nilai nasionalisme perlu di tanam mulai dari tingkat taman kanak-kanak sampai tingkat lanjut.
Nasionalisme Pendidikan perlu juga melibatkan kurikulum dan mamasukkan nilai-nilai nasionalime dalam pelajaran intra di sekolah sedangkan dalam kegiatan ekstra nilai tersebut perlu juga di masukan sehingga dalam keseharian siswa mereka mempelajari secara tidak langsung bagaimana nilai nasionalisme dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Nasionalisme pendidikan dapat terwujud apabila para pendidik sudak cukup kebutuhan hidupnya sehingga dalam mensosialisasikan semangat ini dapat terlihat dari tingkah lakunya sebagai pendidikan. apabila hal ini sudah terwujud tidak disangsikan lagi bahwa dalam diri peserta didik akan tertanam semangat nasionalisme.

No comments: