Sunday, September 6, 2009

Master diUsia 40 Tahun

Tulisan in berawal dari ketertarikan saya terhadap buku yang berjudul Misteri Usia 40 Tahun yang ditulis oleh pengarang Islami yang mengangkat rahasia dibalik usia 40 tahun. Dalam buku itu yang diangkat ketika Rasulullah Nabi Muhammad SAW menjadi Rasul diusia 40 tahun yang merupakan titik klimaks dari perjuangan Beliau berdakwah di dunia ini. Lalu dibahas juga mengenai beberapa penemu yang mencapai keberhasilan diusia 40 tahun. Sehingga muncul kesimpulan dalam diri saya bahwa usia 40 tahun merupakan tingkat dimana seseorang mencapai tahap master dalam hidupnya.
Banyak cerita mengenai hal ini, dikatakan bahwa seorang laki-laki akan menghadapi puber kedua pada usia 40 tahun. Entah benar atau tidak sebenarnya masalah ini hanya mengenai bagaimana laki-laki tersebut memandang kedewasaanya. Dan lagi dari wanita dikatakan pada usia ini sudah tidak produktif lagi untuk melahirkan benar atau tidak, tinggal buat penelitiannya. Jadi, sunggu luar biasa keEsaan Allah SWT dalam menciptakan misteri pada kehidupan manusia. Maha Besar Allah dengan segala Ilmunya.
Dari pembahasan yang ada penulis mencoba menyimpulkan seperti yang ada dimuka bahwa seseorang pada usia 40 tahun akan mencapai usia master. Apakah itu?. Yaitu merupakan titik puncak dari karakter, kepribadian dan kebiasaan seseorang yang dilakukan ketika usia muda. Seperti teori Freud masa sekarang adalah apa yang terjadi dimasa lalu seseorang. Jadi, satu saja contohnya masa puber kedua adalah hasil dari seseroang menginterprestasikan keindahan wanita dan diwujudkan dengan lahirnya cinta kepada orang tersebut. Sehingga muncullah rasa puber tersebut. Sebenarnya apabila orang tersebut tidak membesitkan pikiran tersebut diyakini rasa puber kedua tidak akan muncul.
Hal lain adalah pada masa ini kebijaksanaan seseorang dan tingkat keilmuan seseorang akan menguat, bagi seoranga ayah atau ibu akan lebih tegar menjalani kehidupan dunia terutama mengenai permasalahan anak-anaknya. Lebih terbiasa menghadapi permasalahan hidup, lebih berkarakter dalam mengabil keputusan. Sementara itu mengenai keilmuan ataupun karier diusia ini seseorang telah mantap dalam ilmu yang dimiliki. Ilmu seseorang akan lebih matang dalam mengimplementasikan disiplin ilmu yang dimilikinya dan lebih aplikatif dalam pekerjaanya, sehingga di atas 40 tahun seseorang sudah bisa dikatakan master dalam kehidupan duniawinya.
Hal yang tidak dapat dicapai seseorang adalah mengenai kehidupan spiritualnya, saya meyakini bahwa kematangan tingkat kematangan spiritual seseorang tidak bisa dicapai pada usia in berbeda dengan Rasulullah. Karena kehidupan spiritual akan mencapai kematangan apabila seseorang sudah mendekati ajal. Karena kehidupan spiritual adalah mengenai kedekatan seseorang dengan Tuhannya dan sungguh sulit untuk mengukur seorang master of spiritual. Lagi-lagi ini adalah misteri yang diciptakan Allah SWT terhadap hambanya dan kitatidak akan sampai untuk memikirkannya.
Setelah kita bahas sedikti di atas mengenai mencapai tingkat master diusia 40 tahun, penulis akan memberikan tips bagaimana seharusnya kita menghadapi usia 40 tahun yaitu;
1. Tanamkan kebiasaan yang positif kehidupan seperti pola makan, pola hidup dan jalankan kebiasaan spiritual yang bisa mendekatkan kita pada Allah SWT.
2. Belajarlah bijak dalam menjawab soal-soal kehidupan.
3. Bentuklah karakter dan kepribadian yang bijaksana.
4. Berpikirlah kesetian terhadap pasangan dan pekerjaaan karana mereka adalah bekal diakhirat nanti.
5. Taburlah pupuk-pupuk keilmuan dan agama terhadap anak-anak kita yang juga bekal diusia 40 tahun nanti.
6. Mulailah menulis apa saja ilmu yang kita miliki sehingga ilmu yang kita miliki tak akan sirna oleh waktu.
7. Persiapkan diri dan berpikirlah yang terbaik terhadap sisa waktu yang kita miliki anggaplah setiap waktu adalh berharga dan kita akan menghadapi kematian setiap detiknya.
Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan bagi kita untuk mencapai tingkat master diusia tua kita semoga bermanfaat. Percayalah bahwa masih banyak kekurangan yang penulis ketahui tentang misteri dibalik usia 40 tahun dan sebagai manusia kita perlu menggali ilmu-ilmu Allah SWT yang sangat dalam. Mencapai tingkat master diusia 40 tahun adalah masa yang harus kita persiapkan dari sekarang, dari yang terkecil dan dari yang termudah. Kalau tidal sekarang jangan tunggu usia tersebut datang. Wallohualam Bil shawab.


Yusdi Lastutiyanto
Sabtu, 5 Septeber 2009
20.29 WIB.

No comments: