Friday, October 10, 2008

Kontribusi dalam Membangun Masyarakat Madani

Setiap kita dalam kehidupan ini pasti akan diberikan sebuah amanah dalam beraktivitas apapun bentuknya.sebagai manusia yang dikaruniai kelebihan-kelebihan dalam mengoptimalkan fungsi kognisi, afeksi maupun psikomotorik tentu berkewajiban dalam mengembangkannya. bagi mereka yang bekerja di kantor sebagai karyawan haruslah bekerja secara aktif untuk perkembangan organisasinya, bagi guru harus aktif dalam mengembangkan anak didiknya, bagi para penjaga keamanan dirumah atu di kantor harus juga menjaga apa yang harus dijaganya, bagi mereka yang menjadi petugas kebersihan pun harus menjalankan fungsinya dan bagi para mahasisma/pelajar juga harus terus dan terus belajar hingga dapat menjadi manusia pembelajar.
Apabila kesadaran untuk bekerja hanya untuk beribadah untuk mencari keridhoan Allah SWT dan keikhlasan diri saya yakin apapun yang dulakukan akan menciptakan sebuah amal unggulan yang dapat dibanggakan dikemudian hari.
karena pekerjaan yang kita dapatkan merupakan kepercayaan dari Allah SWT untuk dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan masyarakat masdani. artinya, sebagai manusia yan bekerja jangan hanya untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri tapi perlu juga dapat membantu apa yang ada disekitar kita. buat mereka yang menajidi pemimpin tenti sumbang pikiran terhadap lingkungan masyarakat perlu ditingkatkan sebagai pemikir misal, berperan dalam kegiatan RT/RW, bagi para pekerja membantu secara fisik misal, kerja bakti, membuat perlombaan kepada anak-anak di hari kemerdekaan itu pun merupakan kontribusi. dalam tulisan ini saya mengajak para pembaca untuk memberikan apapun yang kita punya untuk orang lain tetapi terukur sesuai kemampuan. karena apa yang ada di dunia saat ini hanyalah titipan yang akan kita pertanggungjawabkan nilainya di kemudian hari.seperti kata-kata dalam Al-Qur'an "Mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan" semoga kata tersebut dapat memotivasi kita dalam beramal di masyarakat.

No comments: