Wednesday, November 19, 2008

Investasi Kesehatan Tubuh

Sebagai manusia kita dikaruniai oleh Allah SWT kenikmatan-kenikmatan yang tidak ternilai, mulai dari kenikmatan yang paling kecil hingga yang paling besar, seperti kenikmatan yang abstrak seperti Iman, Islam dan Ikhlas. Sampai kenikmatan yang nyata seperti menghirup oksigen sampai melihat. Diantara kenikmatan yang diberikan ada kenikmatan yang harus di jaga yaitu kesehatan tubuh, kesehatan tubuh disini diartikan adalah mengenai fungsi-fungsi organ-organ dalam tubuh seperti, jantung, otot, hati, tulang, darah hingga organ pencernaan.
Kesehatan organ-organ tubuh tersebut haruslah dijaga fungsinya agar dimasa tua nanti kita tidak terkena penyakit yang kronis karena saat organ tubuh tersebut produktif kita enggan untuk menjaganya. Adanya penyakit diabetes, jantung, lever hingga stroke atau penyakit yang disebabkan karena efek dari organ tubuh yang mengalami disfungsi ketika kita tua nanti. Adanya penyakit adalah tidak lancarnya peredaran darah dengan baik yang mengalami perputaran dalam tubuh atau sekali lagi ada disfungsi organ tubuh.
Tanpa kita sadari saat muda kita selalu menikmati kenikmatan dunia yang secara langsung dinikmati oleh tubuh kita, seperti pola makan yang tidak terkontrol, jarang berolahraga untuk menggerakan otot, sendi tubuh sehingga tubuh tersebut tidak terlatih. Dan yang paling penting karena asiknya menikmati pekerjaan atau aktifitas keseharian kita lupa berinvestasi untuk kognitif kita dan emosi kita yang dapat dilakukan dengan membaca dan latihan aspek spiritual.
Saat muda sebagian manusia lupa untuk berfikir apa yang akan dilakukan dimasa depan semoga tulisan ini dapat menggugah agar kita sebagai manusia mau untuk merancang masa depan kita dari aspek badania, fikriah hingga emosional agar kecerdasan dari ketiga aspek tersebut dapat bertahan sesuai dengan fungsi dimasanya nanti. Semoga Bermanfaat!

No comments: