Sunday, November 16, 2008

Menikmati Pekerjaan Dengan Keikhlasan

Pekerjaan adalah ibadah, kata-kata tersebut adalah kata yang dapat memicu seseorang untuk bekerja secara baik dan benar. Seperti kata Allah dalam Al-Quran, (Al-Dzariat : 56) “...tidak Ku ciptakan Jin dan Manusia hanya untuk beribadah kepada Ku”. Dalam pencipataan manusia kita di tegaskan oleh Allah SWT hanya untuk beribadah kepadanya. Artinya, segala aktivitas yang dilakukan hanya untuk mencari ridho-Nya. Sebagai mahkluk kasar kita haruslah menyadari kita berawal dari Allah tentu juga akan kembali kepada-Nya.
Ayat di atas merupakan penguatan pada umat manusia agar memahami arti hidup seutuhnya yang diberikan oleh Allah. Sebagai manusia kita diberikan kemampuan-kemampuan untuk digunakan dalam proses kehidupan dari hal-hal yang kecil hingga hal besar seperti : makan, minum, mandi, bernafas, berjalan, berlari, berfikir, komunikasi hingga aktivitas yang membutuhkan kinerja tinggi. Disadari atau tidak apa yang diberikan hanyalah titipan dan janji Allah semua itu akan diminta pertanggungjawabnya.
Umur hidup manusia hanya terdiri dari dua elemen yaitu Umur Biologis dan Umur Efektif. Umur biologis adalah usia badan/jasmani kita selama hidup, untuk apa jasad ini digunakan dan bagaimana digunakanya sehingga akan berpengaruh kepada umur efektif, yaitu umur dimana manusia tersebut berbuat sesuatu yang bisa mempengaruhi oleh orang lain. Seperti seorang ayah yang mengajarkan berdoa kepada anaknya untuk selalu berdoa keselamatan dunia dan akhirat, doa mendoakan orang tua sehingga anak tersebut hafal dan mengamalkanya setiap hari setiap selesai sholat dan kebiasaan tersebut di kitu oleh keturunannya secara terus-menerus inilah umur efektif atau dalam kasus lain adalah seperti seorang penemu Thomas Alfa Edison yang menemukan lampu elektrik, usianya mungkin hanya 50 tahun tetapi sudah hamper 200 th ilmunya masih digunakan.
Cerita di atas saya mengharapkan dapat mengilhami manusia untuk bekerja lebih ilklas apapun pekerjaanya dimana pun, baik sebagai penjaga keamanan sampai seorang pejabat Negara dan luruskan niata untuk berkerja karena Allah. Karena saya yakin dengan lurus dan Ihklasya niat dalam hidup akan berimplikasi kepada pekerjaan yang diamanahkan. Sehingga rasa lelah dan jenuh akan terhindar. Semoga bermanfaat.

No comments: