Monday, July 4, 2011

"Bangun pagi-pagi menuju kampus tercinta, untuk mengikuti ordikmawa FIK, disitulah kami di bina dan ditempa oleh senior perkasa, waha seniorku beapa kejam dirimu......."

Inget lagu ini terkenang 10 tahun yang lalu, selama 2 minggu di bina dan ditempa untuk mengenal Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta dengan nama MPA (Masa Pengenalan Akademik) dan MPCO (Masa Pengenalan Cabang Olahraga). banyak kisah pahit dan manis yang terjadi, di bina secara keras untuk pembentukan mental yang enggak tau apakah senior berniat membalas dendam atau memang mau membina.

Bangun pagi-pagi itu beneran pagi loch, waktu yang disepakati jam 6 waktu FIK yang kenyataanya jam 5 waktu Indonesia barat. datang enggak boleh diantar harus jalan dari kampus A UNJ bisa dibayangkan sekitar 500 meter lebih. untuk hari pertama kita bisa menyesuaikan diri karena di mulai jama 8 pagi dan ketika itupun senior masih bermuka manis. hari kedua barulah pembinaan dimulai, darang jam 5 pagi dengan membawa menu sarapan dan makan siang yang aneh-aneh namanya, mulai dari, ikan sombong, nasi merah yang kukira nasi goreng, kue lumpur yang harus aku cari di pasar senen jam 3 pagi bersama orang tuaku, roti sumbu, susu kuda liar dan banyak nama-nama makanan maupun minuman yang aneh-aneh.yang jelas semua makanan dan minuman tersebut bisa kita makan dan mudah mencarinya selama kita tahu nama sebenarnya.

Sebagai mahasiswa baru yang belum sama sekali mengenal kampus, kami diminta untuk mengenakan name teks yang dikalungkan di leher dan berisikan, nama, nama panggilan, cabang olahraga sebagai identitas kami. serunya lagi semua serba hijau dan putih, baju putih polos, celana pendek hijau serta kaus kaki hijau, sepatu capung yang tipis untuk latihn kungfu dan tas puting karung terigu yang dibuat sendiri, luar biasa. coba bayangkan setiap pagi dan sore saat masa mengenalan cabang olahraga kami menggunakan pakaian tersebut.

Barulah saat masa pengenalan akademik kami menggunakan sepatu pantofel, kemeja putih dan dasi, celana hitam, tapi tetep tas tetap karung goni. saat inilah dimana kita harus diam di kelas, ngantuk luar biasa, badan bau asem karena pagi-pagi joging dua putaran lapangan baseball velodrome, belum push up dan sit up yang jadi makanan setiap pagi. senior sangat teliti untuk mencari kesalahan dan kekurangan kami,apapun bisa dijadikan bahan hukuman yang ganjarannya push up atau sit up.

Pagi-pagi jam lima kami menghadapi pos-pos yang memeriksa kelangkapan kami yang menjadi tugas dan tema hari ini, ada saja kesalahannya yang terjadi dan entah kenapa, kami sangat menikmati proses ini. apa memang mental kami yang sudah terbentuk atau hanya ingin dilihat senior bahwa kami bisa. setelah melewati pos-pos pemeriksaan tugas, kami diarahkan untuk melakukan sholat subuh, sarapan pagi dengan menu istimewa dan joging dua lapangan baseball.

Setelah selesai barulah kami di kirim untuk mengikuti masa pengenalan cabang olahraga dan dosen di fakultas yang disebut MPCO (Masa pengenalan Cabang Olahraga), banyak sekali cabang olahraga yang kami pelajari secara singkat disini, seperti, bela diri, permainan bola kecil dan bola besar, dan banyak lagi yang pasti kami jadi memahami seperti apa proses perkuliahan nanti.

Setelah MPCO barulah MPA (Masa Pengenalan Akademik) kegiatan ini melibatkan mahasiswa baru seluruh fakultas yang diadakan di GSG FIK UNJ yang jadi panitianya tentu mahasiswa universitas. dalam kegiatan ini kamu disuguhkan aktifitas mahasiswa lain antar fakultas kami diajak untuk mengenal yang namanya kamus A UNJ. dan tentu pengalaman yang luar biasa.

Masa pembinaan selama dua minggu memang membentuk kami secara mental untuk mengenal konsep diri kami sebagai insan olahraga, atlit, praktisi dan bahkan guru tetapi yang pasti dengan adanya kegiatan ini kami selangkah lebih maju untuk mencapai karier yang kami inginkan.

1 comment:

Anonymous said...

mampir lagi bos di blog ane..