Tuesday, March 11, 2008

Menanggulangi Bulying di tempat kerja!

Fenomena bulying kerap terjadi dalam hubungan sosial manusia. entah di tempat kerja, lingkungan atau pun rumah. saat ini saya coba memberi info bagaimana cara yang terbaik untuk mennaggulang bulying di tempat kerja.
Bulying dalam istilah psikologi di kenal dengan nama gangguan, yaitu merasa tidak nyamannya seseorang terhadap sesuatu yang disebabkan karena perilaku dari orang lain ataupun lingkungan yang tidak kondusif. bulying ada yang disebabkan secara langsung dan tidak langsung.yang langsung misalnya:teman kita melakukan kekarasan verbal terhadap kita, atau membicaran hal yang positif tentang kita di depan orang lian ataupun di depan kita. seangakan tidak langsung, berupa sindiran pada kita yang tanpa sadar orang yang bicara tidak tahu efek terhadap diri kita.
Positif in people.
Bulying sebenaranya adalah hal yang biasa dalam membina hubungan sosial atau dalah kehidupan manusia. maka dari itu apabila kita memnadang bulying sebagai sarana untuk mengevaluasi diri kita tentu kita tak akan terbebandi dari efek bulying itu. maka siapa pun atau apapun bentuk tekanan/gangguan yang kita alami di tempat kerja merupakan hal yang biasa dan dengan berlapang dada terhadap bulying maka kita akan belajara dari perilaku negatif yang kita miliki.
Mulai dari diri sendiri.
Ada sebab dan ada akibat, faktor seseorang merlakukan bulying terhadap kita biasanya timbul dari akumulasi kekesalan orang tersebut terhadap prilaku kita.misal, ketiak kamu menyindir seseorang padahal kamu tidak berniat untuk melakukan hal negatit dan orang yang di sindir sedang bad mood maka sindiran kamu akan dianggap bulying oleh orang tersebut pasti dia akan dendam dan ingin membalas dendam. maka, kalo mau buat statmet terhadap orang coba pikir pikir dulu.
Terima diri apa adanya
biasanya tindakan bulying terjadi karena memang diri kita unik dan penilaian orang terhadap kita dapat kita gunakan untuk berintrospeksi pada diri.jadi kalo bulyingnya bersifat fisik. biari aja justru kalo fisik kamu beda berartu sekali lagi kamu tuch unik.mak dari tiu apa pun yang ada dalam dirimu saat ini merupakan anugrah yang terindah dari Tuhan yang kamu miliki.
SeraHkan semuanya pada Allah SWT
Ulama sering bialang apabial ada masalah yang bisa menyelesaikan masalah adalh kamu sendiri, jadi apabila kamu mempunyai masalah besar itu adalah rentetan dari masalah-masalah kecil yang terakumulasi jadi satu. so, kalo kamu punya maslah dan ga bisa nyelesain sendiri cari teman yang bisa di percaya untuk curhat, atau buat tulisan seperti diary trus kalo ga bisa juga yang Doa aja, mudah-mudahan dengan usaha yang kamu lakukan dan doa yang terus kamu dengungkan tiap hati Allah dengar kamu dan mengijabah doa kamu.
Sekian info dari kami bagai mana menaggulangi bulying di tempat kerja. mau info atau ngobrol lebih lanjut u bisa contac me. kalo ada tulisan yang salah maklum aja namuanya juga masih belajar. Wasaalamualaikum.Wr.Wb.
Yusdi Lastutiyanto S.Pd

No comments: