Sunday, March 30, 2008

Problem Solving Theory!

Kita tahu dalam dunia manajement terdapat banyak sekali metode yang di gunakan dalam menyelesaikan masalah di antaranya ada problem solving theory, decision making theory, analsis SWOT, POAC dan masih banyak lainnya. kali ini saya akan memberi informasi bagaimana menyelesaikan masalah dengan metode problem solving theory.
Sebagai pelaku manajemen konsep in sebenarnya sudah tudak asing lagi hanya saja perlu ada penguatan seperti apa sebenranya langkah yang perlu dilakukan dalam menyelesaikan masalah.
adapun langkah yang sudah sering di gunakan dalam problem solving theory sebagai berikut:
1. Perumusan Masalah
Dalam langkah awal kita sebagai leader atau solver haruslah mengklasifikasikan maslah terlebih dahulu. artinya bentuk masalah, isi yang berkaitan dengan masalah, penyebab, dampak dan segalah hal yang berkaitan dengan masalah. setelah dapat di rumuskan lalu di batasi maslah inti yang paling crusial yang dapat menyebabkan masalah lebih besar. sebelum melangkah ke tahap selanjutnya perlu di ingat bahwa kita ingin menyelesaikan masalah tanpa membuat masalah sehingga perlu di buat tujuan dari pemecahan masalah.
2. Membuat beberapa alternatif pemecahan masalah.
Langkah kedua adalah membuat draft alternatif pemecahan maslah. susunlah draft alternatif tersebut dari hal yang paling mudah hingga yang paling sulit, tentu saja alternatif tersebut berkaitan dengan masalah yang ada.
3. Menentukan Alternatif pemecahan yang terbaik
Dalam memilih alternatif pemecahan masalah yang terbaik sebaikna di pilih satu cara yang dapat menyelesaikan maslah secara keseluruhan. seperti sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Artinya, alternatif pemecahan masalah yang di buat dapat membantu menyelesaikan masalah yang lain.
4. Analisis terhadap pemecahan masalah yang di pilih
Setelah memilih alternatif pemecahan masalah yang di angap terbaik, gunakan analisa dengan metode analisis SWOT, Manajemen Resiko dan masih banyak lagi cara untuk menganalisis alternatif pemecahan masalah yang dibuat hanya saja pengambilian keputusan yang di buat harus mempertimbangkan segala resiko yang akan terjadi.
5. Pendapat Akhir / Kesimpulan.
Dalam Tahap Akhir kita dapat memberikan rekomendasi kepada manajemen dari hasil analisis alternatif pemecahan masalh yang kita buat tentu kajian yang dibuat benar-benar berkaitan dengan apa yang sedang ingin di pecahkan. apbila pendapat akhit yang di buat tentu ini merupakan rangkuaman dari apa yuang terjadi dan bagaimana menyelesaikannnya. tapi apabila yang di buat adalah kesimpulan hal ini merupakan temuan baru yang di buat berdasarkan analisia terhada alternatif pemecahan masalah. dalam tahap final ini altenatif atau keputusan yang akan di buat merupakan akumulasi dari metode yang di gunakan untuk menyelesaikan maslah.
Sekian informasi yang di buat oleh kami, mengenai metode yang baik untuk menyelesaikan maslah tanpa membuat masalah. semoga bermanfaat.

No comments: