Monday, March 10, 2008

Mengajar yang menyenangkan !

Mengajar yang menyenangkan. ya, itulah sebuah profesi yang membutuhkan kemampuan mengelola emosi selain mengaplikasikan displin ilmu yang di miliki. menjadi guru bukanlah perkara yang mudah apabila kita tidak mengeri tujuan dan landasn pendidikan yang di inginkan. salah-salah apabila kita ga punya keahlian atau metode yang pas dalam proses pengajaran tentu kita akan cepat jenuh. berikut adalah tips buat anda sang pengajar.
1. Mengerti Tujuan
Ga bisa di pungkiri kalo anda sbagai guru mengerti tujuan anda mengajar dan buat apa materi yang anda berikan pada siswa. secara global guru harus mengerti tujuan dari pendidikan.
2. Mengerti Metode
kalo sudah mengerti tujuan tingaal cari cara menggunakan metode pendekatan yang pasa pada anak-anak, kalo tingkat dasar " sedikat keras dalam menerapkam kedisiplinan dan beri pengeritian dari mengapa anda mengajar mereka" kalo tingkat menengah " anda harus bisa gaul cara mereka seperti tau apa yang sedang di gandrungi mereka jadi ketika anda mengajar bisa di improvisasi dengan materi yang anda berikan. tingkat atas " kalo dalam hal menangani siswa tingkat atas pendekatan yang di lakukan adalah dengan materi andargofy " yaitu proses pmbelajaran yang meberikan pilihan kepada siswa untuk memilih yang paling baik di antara yang baik.
3. Menguasai Bahan ajar
Dari kompetensi profesi seorang guru, mereka haruslah mendalami disiplin ilmu yang gunakan dalam mengajar. selaun iru mereka harus mengapgrade dirinya sebagai tenaga pengajar sesuai dengan ilmu yang di kuasainya dan mencari info up to date tentang disiplin ilmunya.
4. Mengelola Kelas
Permasalahan dalam proses pembelajaran adalah saat siswa dan guru berinterkasi di kelas.apabila guru tidak bisa mengelola kelas dengan baik tentu nuansa pembelajaran tidak akan efekti.so, buat you para guru cepetan deceh cari buku atau sumber lain bagaimana cara mengelola kelas yang efektif.
5. Menjaga Sikap dan Perliaku
Guru akan di gugu dan di tiru oleh siswa nya, jadi cobalah untuk menggunakan rasio ketika ingin mengarahkan siswa. dan konsisten dan komitmen terhadapa apa yang anda katakan pada siswa.
6. Penggunaan teknologi tepat guna
7. Berfikir secara sistematik dalam menerapkan pembelajaran
8. Refresing
Guru pun harus adil pada dirinya. artinay cobalah mrefleksikan otak terhadap hibuan dengan itu anda akan mengurangi faktor-faktor penyebab stress pada diri anda.

Hal di atas merupakan suplemen secara garis besar bagi guru, karena sebagai guru berimprovisasi dengan kondisi siswa ketika mengajar sangat penting. karena pekerjaan guru sangat butuh dedikasi dan keikhlasan, sebab guru yang memprioritaskan uang dalam mengajar secara tidak langsung akan menyebabkan siswa yang konsumtif pula pada uang. maka dari itu mengajara yang menyenangkan adalah keta menikmati pekerjaan tersebut dengan mengerti tujuan, metode, dan bagaimana melakukan penilaian kepada siswa baik sikap maupun pelajaran.semoga bacaan diatas dapat menambah wawasan kita sebagai guru.
Terima kasih,
Yusdi Lastutiyanto.S.Pd

1 comment:

SMPN 183 JAKARTA said...

makasih Om Yudi, bisa jadi motivator nih