Wednesday, July 3, 2013

Curhat Cinta Sejati

Cinta pernah dirasakan semua mahkluk hidup, manusia, hewan, tumbuhan dan benda lahir atas nama cinta. mereka ada di dunia ini atas dasar cinta yang saling mempengaruhi. Cinta sesama manusia karena Allah SWT merupakan hidaya untuk manusia bisa saling bermanfaat. Cinta kepada tumbuhan adalah saat oksigen memberikan kesehatan kepada manusia. Cinta kepada hewan adalah saat fisik membutuhkan energi untuk bergerak. Cinta kepada benda adalah sesuatu yang menempel di dalam raga dan kepuasan hati.

Tingkatan cinta perlu di ketahui oleh setiap manusia. Yaitu:
1. Cinta Hakiki kepada Allah SWT ini adalah tingkatan cinta tertinggi sebagai hamba yang bersyukur terhadap ketetapan-Nya. Cinta ini tidak menuntut balasan, cinta ini hanya butuh di rawat dan dijaga.

2. Cinta Rasul, sebagai seorang muslim yang percaya Nabi Muhammad SAW sebagai pemberi petunjuk dalam beribadah untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

3. Cinta kepada Orang Tua, cinta akan doa agar apa yang telah mereka berikan diwaktu kita kecil dapat dibalas saat mereka lanjut usia.

4. Cinta kepada sesama umat manusia, Cinta kepada saudaranya yang bertemu dan berpisah karena Allah SWT.

5. Cinta kepada mahkluk hidup, ada kalimat yang sangat menarik dalam cinta ini “Cintailah apa-apa yang ada di bumi niscaya apa-apa yang ada di langit akan mencintai mu”.

Ini adalah tingkatan cinta yang menurut penulis perlu di rawat, rasa khilaf sebagai manusia pasti datang, karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Ketika rasa cinta ini menguat semata-mata karena Allah SWT niscaya keberkahan akan datang.

Obyek cinta tak akan selamanya ada di dekat kita, apalagi bicara soal cinta dan hati sesama manusia. hati adalah sesuatu yang kondisinya naik turun. Hati lahir dari panca indera, cinta dalam hati akan tumbuh ketika mata, telinga, bau dan sentuhan merasakannya. Rasa itu akan berubah menjadi cinta.

Dalam hakikat cinta sesama manusia tentu objek cinta adalah fisik dan akan lebih indah bila cinta yang lahir datang dari kemulian dan kekaguman, karena “siapa yang diberi cinta kemuliaan niscaya akan dibalas dengan cinta dan kemuliaan, sedangakan siapa yang diberi cinta birai niscaya akan di beri cinta birahi”. Sebagai seorang muslim yang memiliki hati dan cinta sudah seharusnya kehormatan dan kekaguman cinta perlu dijaga jangan sampai tenggelam dalam birahi.

Cinta tak harus memiliki, kata ini sangat dalam untuk setiap kehidupan. Terkadang apa yang dirsakan baik oleh manusia belum tentu baik menurut Allah SWT dan yang tidak baik menurut manusia baik menurut Allah SWT. Rasa cinta karena ingin memiliki belum tentu baik karena Allah akan memberi apa yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan. Kalimat inilah yang menuntut kesabaran untuk kita berdoa, berharap, bersabar dan bersyukur agar kelak keinginan dan kebutuhan kita dapat dikabulkan di waktu dan masa yang tidak di duga. Seperti Janji Allah SWT “Berdoa dan bersabarlah karena Allah akan memberi rezeki dari tempat yang tidak kita sangka-sangka”. Dan semoga doa dan kesabaran yang lahir atas nama cinta sejati adalah rezeki yang baik.

Cinta sejati adalah saat objek cinta itu hilang, Saat cinta itu menjauh, saat cinta itu tidak melibatkan mata, telinga, penciuman dan sentuhan. Tapi cinta sejati karena Allah SWT itu adalah saat hati dan doa terhadap objek cinta selalu di dengungkan, saat dimana objek cinta jauh di situlah harapan akan kebaikan dan kebahagiaan selalu hadir pada objek cinta. cinta sejati tidak mengharapkan balasan dari objek cinta hanya doa agar keberkahan dari Allah SWT selalu ada pada objek cinta.

Cinta sejati selalu berdoa pada Allah SWT dan berharap, apabila cinta ini adalah kebaikan maka dekatkanlah dan bila ini tidak baik jauhkanlah” ini adalah doa terhadap objek cinta yang kita tidak bisa memilikinya. Cinta ini adalah cinta sesama manusia dan hanya doa yang bisa membuat kebaikan dan kebaikan ada didalamnya.

Jangan pernah bersedih karena kehilangan cinta sesama manusia, karena Allah akan menggantinya dengan cinta lain. Saat ada yang memberi cinta tanpa syarat terimalah dengan kebaikan saat ada yang meminta cinta tanpa syarat berikanlah dengan kabaikan. Karena cinta perlu diberi, perlu menerima dan perlu meminta selama cinta ini karena Allah SWT jalanilah dengan Ikhlas.

Cinta perlu diarahkan, cinta perlu kesabaran, cinta perlu pengakuan, cinta perlu buat dan di bentuk, cinta perlu pengorbanan dan cintialah cinta karena Allah SWT. Semoga kita diberi cinta oleh Allah SWT dan selalu dalam kebaikan. Amin

Jakarta. Rabu, 03 Juli 2013. 20.00 wib menjelang Ramadhan

No comments: