Thursday, June 16, 2011

Kekeluargaan Dalam Lingkungan Kerja

Iklim kerja adalah suatu kondisi yang tercipta berdasarkan situasi yang lahir dari pimpinan dan para karyawan didalamnya. Mulai dari rencana yang dibuat,proses yang dilakukan sampai produk-produk yang di ciptakan, semua ini akan melahirkan iklim kerja yang menggambarkan situasi dan kondisi organisasi tersebut.
Iklim kerja yang diinginkan oleh semua karyawan sudah tentu penuh dengan semangat dan kondusif hanya saja kondusif adalah hal yang banyak sekali interprestasi dari setiap individu yang yag ada, berdasarkan dengan prinsip perbedaan yang ada di setiap manusia. tetapi banyak sekali tips dan trik yang bisa dilakukan untuk menyiasati kondisi iklim kerja yang diinginkan. faktor utama adalah bagaimana pimpinan membangun kepercayaan kepada karyawannya, komunikasi yang efektif, tidak memihak dalam mengambil keputusan, tidak selalu menggunakan logika tetapi juga perasaan terhadap sebuah kebijakan yang berkaitan dengan hubungan interpersonal karyawan.
Karakter pemimpin dalam sebuah organisasi akan memberikan pengaruh terhadap organisasi yang di pimpinnya. Cara berkomuniasi, memberikan ide dan pendapat, humor termasuk kebiasaan pimpinan dalam menentukan sikap. pemimpin yang melakukan pendekatan secara otokrasi secara positif akan membuat karyawan bekerja secara efektif, cepat mengambil keputusan tetapi akan lemah dalam membangun hubungan interpersonal dan lemah dalam memberikan motivasi dan banyak sekali karakteristik dan sifat-sifat pemimpin yang bisa anda browse di internet atau buku-buku yag bisa anda cari di toko buku. yang pasti saya tidak akan membahas mengenai kepemimpinan di sini kembali ke iklim kerja.
Pemimpin yang bisa menciptakan suasan kekeluargaan dalam organisasi yang di pimpinnya sangat sulit untuk ditemui, karena biasanya pemimpin selalu ingit terlihat seperti otang yang perlu di hormati bahkan ada juga yang mengalami post power syndrome istilah sekarang buat para pimpinan yang terobsesi dengan jabatan dan penghargaan. kalaupun ada pemimpin eperti ini yang pasti rasa kekeluargaan sangat kecil tercipta sebab para karyawannya takut bukan segan dalam berhubungan dengannya.
Dibawah ini saya akan memberikan tips dan trik untuk para pemimpin organisasi menciptakan nuansa kekluargaan dalam organisasinya :
1. Pimpinlah karyawan anda dengan meraskan keluarganya di rumah.
2. Komunikasikan se-efektif mungkin setiap hal yang anda inginkan dalam program anda.
3. Jangan selalu menggunakan logikan dalam menegur dan memberikan keputusan terhadap karyawan.
4. Berkomunikasi dua arah dalam menentukan keputusan terkait permasalahan yang muncul antar karyawan.
5. Problem Solver not Problem Maker.
6. Jangan memaksakan kehendak terhadap sebuah keputusan
7. Mendengar dengan mata, kupung dan hati.
8. Buat karyawan saling mempercayai satu sama lain.
Sekian tulisan saya mengenai iklim kerja dengan pemimpin sebagai pemicu lahirnya rasa kekeluargaan.

No comments: