Monday, June 6, 2011

Mendongkrak Imajinasi

Membaca sebuah artikel tentang imajinasi tingkat tinggi yang bisa membuat seseorang menguasai dunia yang lahir dari mimpi menjadi kenyataan. Dengan menggunakan perkataan Einstein bahwa imajinasi bisa membuat seseorang berharap, bertindak, dan bekerja diluar batas kemampuan hanya untuk menggapai sebuah mimpi.
Seperti diketahui imajinasi lahir dari sering digunakannya otak kanan bekerja untuk berpikir, dilatih dengan meraba dan mendeskripsikan harapan tentang keidupan yang sempurna atau produk canggih yang dihasilkan. dewasa ini cukup diakui bahwa imajinasi berperan penting dalam keberhasilan seseorang seperti; aktor, musisi, penulis, enterpreanur bahkan seorang pemimpin negara pun seharusnya bisa berimajinasi bagaimana bisa membangun masyarakat madani yang bangsa Indonesia ingin capai. coba bayangkan para pemimpin kita saat ini di lembaga eksekutif, legislatif maupun yudikatif apakah mereka mampu berimajinasi dalam membangun bangsa ini. pertanyaan yang sulit untuk dijawab apabila berhadapan dengan kepentingan individu dan golongan tentu imajinasi yang lahir adalah bagaimana membahagiakan diri, keluarga atau golongan. tak dapat dipungkiri bahwa alam demokrasi membatasi imajinasi seseorang dengan imajinasi manusia lain.
Kata-kata imajinasi tingkat tinggi menggelitik diri saya dengan bertanya" apa yang harus dilakukan seseorang untuk menciptakan imajinasi positif dan membangaun tentu ada jawabannya. menurut saya, semakin sering seseorang memvisualisasikan keinginannya dalam bentuk yang diarapkan semakin sering seseorang tersebut menciptakan imajinasi. contoh; apabila seorang guru berharap bahwa anak didiknya harus lulus ujian nasional tentu dia akan se-kreatif mungkin membuat media pembelajaran yang aktif learning buat siswa, meracik metode-metode belajar yang efisien dalam pembelajaran dan bersamab akan adanya timbal balik dari apa yang diberikan kepada siswa yaitu pengetahuan. contoh kedua; seorang musisi membayangkan bahwa lagu yang dibuatnya enak didengar oleh penggemarnya dengan mengkombinasikan jenis-jenis not balok yang menurutnya enak didengar. nah, sekali lagi imajinasi akan lahir dengan sendirinya kepada seseorang sesuai dengan apa yang dia lihat, dengar, rasakan dan bayangkan.
Mendongkrak imajinasi tentu mudah asalkan diseimbangkan dengan kemampuan logika dalam merau hasil dari imajinasi. selai itu imajinasi yang kebablasan tanpa mempertimbangkan logika tentu bisa bikin keblenger oleh karena itu perlu ada keseimbangan berpikir antara kemampuan dan mimpi.
Sering baca buku, melihat orang-orang yang sukses dalam membuat kreasi/produk yang inofatif, orang-orang sederhana yang tawadhu dalam menjalakan kehidupan ini bahkan imajinasi akan datang apabila kita bisa menggunakan peluang yang ada dalam kebutuhan hidup manusia.
Imajinasi akan menjadi sebatas khayalan apabila tidak ditulis, diramu dan dijadikan tindakan dalam kehidupan sehari-hari, imajinasi akan sulit didapat apabila seseorang tidak mau mendengar apa yang ada disekitarnya dengan hati. pikirannya selalu berada dalam ranah logika sehingga alam bawah sadar jarang digunakan untuk bekerja.
Ada yang bilang meminum segelas alkohol atau merokok dapat membuat seseorang berhalusinasi dalam dirinya dan menciptakan imajinasi, sayangnya apabila seseorang berbuat hal tersebut mereka jarang mencatat apa yang dihasilkan dari alam bawah sadar mereka jadi, hilanglah semua khalayan tersebut.
Teman ayo berimajinasi dalah kehidupan ini dengan tetap menggunakan logika untuk menggapai apa yang kita inginkan. semoga tulisan ini tetap mendongkrak imajinasi saya dalam berkreasi di kehidupan ini dan tentu bagi yang baca semoga tulisan ini bisa memotivasi anada untuk berimajinasi dimanapuan anda berada.Amin

No comments: